Energi Pemuda


“Seribu orang tua bisa bermimpi. Satu pemuda bisa mengubah dunia.” – Sukarno

Memang kata kata tersebut mampu menggetarkan hati dan perasaan kita sebagai pemuda Indonesia penerus bangsa. Bagaimana setelah 90 tahun setelah dicanangkannya Sumpah Pemuda, ketika para pemuda berkumpul dan berikrar bahwa kita bertanah air, berbangsa, dan berbahasa satu yaitu Indonesia. Pemuda masa kini tidak harus berjuang dengan memikul senjata atau dengan melawan penjajah. Tetapi banyak hal yang sekarang bisa dilakukan oleh pemuda. Salah satunya yaitu berperan melalui bidang kesehatan. Sehat yang dimaksud adalah sehat jasmani dan sehat rohani. Diharapkan para pemuda Indonesia pada saat tahun 2030 nanti akan menjadi pribadi yang memiliki kebugaran jasmani yang baik.

Namun tidak sedikit pula pemuda Indonesia yang tidak menjalankan peran penting mereka sebagai indeks penilaian bangsa. Bahkan banyak diantara kita para pemuda yang justru menjadi penyumbang masalah terbesar di dunia kesehatan saat ini. Dibuktikan dari kemajuan pesatnya pabrik rokok, banyaknya pemuda yang mengkonsumsi alkohol dan tidak sedikit pula kawan pemuda kita juga merupakan pengguna narkoba aktif.

Hal ini hanya dapat dihentikan apabila kita sebagai pemuda sudah memiliki kesadaran diri untuk menghentikan itu semua. Bagaimana pemuda Indonesia bisa sehat jika kemauan untuk berubah saja sangat sulit. Belum beranjak dari hal - hal tersebut di atas masalah di dunia kesehatan yang tak kalah populernya adalah pergaulan pemuda / seks bebas yang tidak aman yang dapat mengundang virus HIV (Human Immunodeficiency Virus). Virus ini dapat menyebabkan kekebalan tubuh kita menurun. Apabila kekebalan tubuh kita sudah terserang oleh virus ini bukan tidak mungkin akan muncul infeksi oportunistik / penyakit penyertanya seperti: TB, diare yang berkepanjangan, meningitis / radang selaput otak,  maag akut, dll. Virus ini dapat tertular melalui pemakaian jarum suntik secara bergantian dan hubungan seksual yang tidak aman. Bahkan sampai sekarang belum ada obat yang ditemukan untuk membunuh virus HIV tersebut. Pengetahuan HIV dasar

Bagi kalian kawan muda di wilayah Malang Raya (Kota Malang, Kab malang, Batu, Pasuruan, Jombang, dll) yang ingin mengetahui status HIV nya bisa menghubungi Hotline Service Officer kami di 08113711299 (Telp, Sms, Whatsapp). Info Tes HIV Gratis


Lain daripada itu, tantangan besar lain yang tak kalah menarik dan harus diantisipasi oleh pemerintah adalah kecenderungan masyarakat muda Indonesia yang sangat bergantung dengan peralatan dan tekhnologi canggih seperti mesin cuci, sepeda motor, handphone, dll. Aktivitas pergerakan tubuh yang semakin rendah ini akan menyebabkan orang akan malas mengeluarkan energi yang terlalu banyak, pergerakan tubuh yang berkurang, sehingga bisa menyebabkan peredaran darah menjadi tidak lancar. Hal ini bisa menyebabkan banyak penyakit seperti stroke, gagal ginjal serta serangan jantung yang mudah menyerang tanpa melihat batas usia.

Oleh karena itu, kita sebagai kaum muda sebisa mungkin harus melakukan kegiatan positif baik itu di sekolah, kampus ataupun di tempat tinggal dengan mengikuti kegiatan karang taruna. Agar kita sebagai pemuda sekarang dapat melanjutkan perjuangan pemuda pemuda di jaman dahulu terutama di bidang kesehatan.


sumber : Pemuda sebagai indeks kesehatan

Comments