Hubungan Pengetahuan dengan Stigma dan Diskriminasi



Kenapa sebagian masyarakat masih ada yang melakukan stigma dan diskriminasi pada ODHIV/ODHA ? jawabannya adalah kekurangtahuan dan pemahaman tentang HIV/AIDS. Mereka tidak tahu apakah itu HIV/AIDS, bagaimana penularannya, bagaimana pencegahannya, bagaimana pengobatannya dan perawatannya. Informasi yang minim dan diterima mentah-mentah membuat sebagian masyarakat menganggap bahwa penyakit ini berbahaya menular dan aib bagi penderitanya dan belum ada obatnya.


ODHIV/ODHA oleh sebagian masyarakat dianggap bukan orang baik-baik. Masyarakat beranggapan bahwa mereka adalah sekelompok komunitas atau masyarakat yang suka hidup bersenang-senang, hura-hura, penganut seks bebas, penjaja seks komersial dan hal-hal yang dianggap tabu dalam masyarakat. Apalagi di Indonesia merupakan negara yang menganut budaya ketimuran yang menjunjung tinggi adat istiadat, norma dalam masyarakat, norma agama dan kesusilaan.
Informasi yang sudah sering di gembar gemborkan baik di media massa baik cetak maupun elektronik, baliho, poster, liflet dan diskusi-diskusi maupun seminar masih belum bisa merubah anggapan sebagian orang bahwa HIV/AIDS adalah penyakit yang tidak bisa disembuhkan dan aib yang memalukan.

Banyak masyarakat yang tidk tahu bahwa HIV tidak mudah menular dan media penularannya terbatas. Penularan HIV hanya terjadi dengan tiga cara yaitu hubungan seksual, pertukaran atau kontaminasi darah seperti penggunaan jarum suntik bersamaan dan bergantian serta secara vertikal yang di turunkan dari ibu yang terinfeksi ke anak yang dilahirkannya. Selain itu perlu di ketahui oleh masyarakat bahwa HIV tidak menular melalui bertukar pakaian, bersalaman atau bersentuhan, menggunakan toilet bersama, alat makan bersama, tinggal serumah, berbagi makanan dan minuman, gigitan nyamuk atau serangga bahkan ciuman.

Orang dengan HIV/AIDS bisa hidup berdampingan dengan orang sehat dan tidak mempengaruhi aktifitas hidup sehari-hari bahkan bisa hidup lebih lama dan normal asalkan disiplin minum obat ARV (Antiretroviral) dan kontrol setiap bulan dan satu tahun sekali. Perbedaannya hanya ODHA meminum obat setiap hari seumur hidupnya sama dengan orang lain dengan penyakit diabetes dan kaker yang juga meminum obatnya setiap hari.

Oleh karena itu marilah mencari informasi pengetahuan tentang HIV/AIDS yang benar dan akurat supaya kita tahu bahwa penyakit HIV/AIDS bisa dicegah dan tidak mudah menular kesetiap orang dengan mudah. Dengan bertambahnya pengetahuan tentang HIV/AIDS akan mengikis stigma dan diskriminasi pada ODHA.

Comments