Dukungan untuk Penderita HIV/AIDS


Apa yang dapat kita lakukan untuk membantu penderita HIV/AIDS?
1. Jadilah teman bicara.
2. Jadilah pendengar yang baik.
3. Mencari sumber informasi yang benar dan tetap tentang HIV         maksudnya yaitu edukasi teman, keluarga,diri sendirimengenai caramemperlakukan orang dengan HIV/AIDS.
4. Mendorong mereka untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Dukungan dan bantuan dapat membantu mengembalikan semangat mereka untuk melakukan pengobatan yang tepat. orang dengan virus HIV membutuhkan penanganan khusus agar virus HIV di dalam tubuhnya tetap terkontrol dan mencegah infeksi berkembang menjadi AIDS.
Kita tidak boleh mengucilkan para ODHA karena mereka perlu kita beri dukungan untuk melawan penyakit AIDS. Sudah banyak yang meninggal akibat HIV sebab sampai sekarang belum ada obatnya. Namun untuk memperlambat proses penyebaran pasien di tubuh pasien ada obatnya seperti yang kita ketahui bersama yaitu ARV (antiretroviral) yang harus di konsumsi setiap hari seumur hidupnya.
Jadi dapat kita katakan jangan pernah takut berinteraksi dengan ODHA sebab AIDS tidak akan menular melalui komunikasi antara individu. Tidak mengucilkan ODHA dari pergaulan masyarakat. memberikan dukungan untuk sabar dan tabah agar membangkitkan mental para ODHA bagitupun diri kita. Serta jangan memandang sebelah mata di dalam lingkungan sosial.
Banyak kesalahan besar yang tidak di ketahuimasyarakat bahwa kematian ODHA yang tidak disebutkan penyebabnya sehingga terkesan ODHA meninggal karena HIV/AIDS padahal penyebab meninggalnya adalah IO (Infeksi Oportunistik) atau dengan kata lain penyakit penyerta seperti TBC Hepatitis Tipes dan lain-lain.
Di Indonesia informasi tentang HIV/AIDS di bumbui dengan moral dan agama sehingga yang muncul hanya mitos (anggapan yang salah). Marilah kita mencari tahu informasi yang benar.

Comments