Anak Muda dan Kesehatan Mental

 Anak Muda dan Kesehatan Mental

 

Sehat sering kali dipersepsikan dari segi fisik saja. Padahal sehat juga berarti tentang kesehatan jiwa. Sayangnya, persoalan kesehatan jiwa masih dianggap kalah penting dibandingkan kesehatan fisik. Anak muda alias generasi milenial saat ini lebih rentan terkena gangguan mental. Terlebih masa muda merupakan waktu di mana banyak perubahan dan penyesuaian terjadi baik secara psikologis, emosional, maupun finansial. Misalnya upaya untuk lulus kuliah, mencari pekerjaan, atau mulai menyicil rumah. Selain perubahan hidup, teknologi juga turut berkontribusi terhadap kesehatan mental generasi muda. Salah satunya adalah penggunaan media sosial.

Kesehatan mental mencakup beberapa hal seperti kenyamanan emosional, psikologi dan hubungan sosial. Ketiga aspek tersebut dapat mempengaruhi cara seseorang berpikir, merasakan dan bertindak. Selain itu juga mempengaruhi cara mengatasi stress, menjalani hubungan dengan orang lain dan membuat keputusan. Kesehatan mental merupakan hal yang penting mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa.

Berikut beberapa hal yang dapat terpengaruh:

  • Tingkah laku. Perubahan tingkah laku dapat terjadi seperti konsumsi telalu banyak alcohol.
  • Perasaan. Terkadang kondisi kesehatan mental yang terganggu ditandai dengan timbulnya kesedihan yang mendalam atau berkelanjutan.

·         Cara pikir

Kapan Seseorang Butuh Terapi?
Setiap kondisi kesehatan mental memiliki tanda dan gejala sendiri. Namun, secara umum bantuan professional mungkin dibutuhkan jika seseorang mengalami:

  • Perubahan kepribadian, pola makan atau tidur
  • Ketidakmampuan untuk mengatasi masalah atau kegiatan sehari-hari
  • Mengalami kecemasan yang berlebihan
  • Mengalami depresi atau apatis yang berkepanjangan
  • Berpikir atau berbicara tentang bunuh diri
  • Penyalahgunaan obat-obatan
  • Mengalami perubahan suasana hati yang ekstrim atau kemarahan yang berlebihan atau bahkan melakukan perilaku kekerasan

Umunya seseorang yang mengalami gangguan kesehatan mental akan menganggap tanda dan gejala yang dialami adalah normal. Selain itu, mereka juga akan merasa malu atau takut saat harus melakukan perawatan.

Bagaimana Mencegah Gangguan Kesehatan Mental?
Stress adalah penyebab yang sering dikaitkan pada seseorang yang mengalami gangguan kesehatan mental. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi stress:

  • Melakukan Aktifitas Fisik Secara Rutin
    Semua bentuk aktifitas fisik dapat berguna sebagai penghilang stress. Aktifitas fisik dapat memompa endorphin dan zat kimia alami lainnya yang dapat meningkatkan rasa nyaman. Olahraga juga dapat membuat membuat seseorang berfokus pada gerakan, meningkatkan suasana hati dan mengurangi perasaaan buruk.
  • Mengkonsumsi Makanan Sehat
    Mengkonsumsi makanan sehat merupakan bagian penting dari menjaga diri sendiri. Beberapa jenis makanan yang baik bagi tubuh seperti buah, sayuran dan biji-bijian.
  • Hindari Kebiasaan yang Tidak Sehat
    Beberapa orang mengatasi stress dengan mengkonsumsi terlalu banyak kafein, alkohol, merokok, atau obat-obatan terlarang. Hal tersebut dapat mempengaruhi kesehatan.
  • Meditasi
    Saat melakukan meditasi, maka seseorang akan memusatkan perhatian dan menenangkan pikiran yang mungkin dapat menyebabkan stress. Meditasi dapat memberikan rasa tenang dan damai yang bermanfaat bagi kesejahteraan emosional.
  • Tertawa
    Tertawa tidak hanya meringankan beban mental tetapi juga menyebabkan perubahan fisik secara positef pada tubuh.
  • Memiliki Orang Terdekat
    Ketika seseorang merasa stress maka biasanya akan menutup diri. Namun, sebaiknya menemui teman atau orang terdekat untuk meredakan stress.
  • Melakukan Yoga
    Yoga merupakan kegiatan penghilang stress yang populer. Gerakan yoga menyatukan fisik dan mental yang dapat membantu seseorang mendapatkan kedamaian.
  • Memiliki Tidur yang Cukup
    Stress akan menyebabkan seseorang sulit untuk tidur. Namun, tidur adalah waktu ketika otak dan tubuh beristirahat. Kualitas dan jumlah tidur dapat mempengaruhi suasana hati, energi, konsentrasi dan fungsi tubuh secara keseluruhan. Miliki tidur yang berkualitas dengan merilekskan diri sebelum jadwal tidur, mendengarkan musik yang menenangkan dan membuat suasana kamar menjadi nyaman seperti dengan aromaterapi.

 

Sumber : Viva Health

Comments